Senin, 08 Agustus 2011

Pelajaran Sakubun (作文)

Pelajaran sakubun (作文) menurut saya adalah pelajaran yang paling sulit. Dari Kanji-nya saja sudah bisa ditebak 作 dan 文, arti harfiahnya membuat kalimat. Jadi, pada pelajaran ini kita harus membuat rangkaian kata ke dalam berbagai pola kalimat hingga menjadi suatu cerita. Intinya kita membuat karangan dalam bahasa Jepang.
    Lantas di mana sulitnya? Bagaimana tidak sulit, membuat kalimat yang benar saja belum tentu bisa, ditambah lagi keterbatasan perbendaharaan kata. Terkadang pola kalimat yang akan digunakan juga telah ditentukan. Ada lagi, maksud hati mengatakan A, tapi kalau diterjemahkan artinya jadi B. Hahaha ... Jadi kesannya susah, susah, dan susah. Meskipun begitu, saya senang saja belajar membuat sakubun, bagi saya sangat menantang. Belajar bahasa tanpa bisa membuat karangan tidak lengkap pastinya.
    Tulisan saya berikut ini adalah tugas yang diberikan Yamamoto Sensei, dosen yang selalu antusias mengajarkan penulisan sakubun di setiap hari Senin siang yang acap kali murid-muridnya mengantuk karena kebanyakan makan siangnya :) Kali ini ceritanya mengenai adat istiadat atau kebiasaan di negara saya Indonesia ( 私の国の習慣). 
    Terima kasih untuk Inoue Osamu Sensei, Profesor Fakultas Politik dan Ekonomi Kajian Wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia, Ibu Andi Irma Sarjani, Dosen Bahasa Indonesia di Universitas Takushoku, Iwama Nari dan Masuko Yuichi -sahabat terbaik saya, yang disela-sela kesibukannya masih mau bersedia memeriksa tulisan-tulisan bahasa Jepang saya yang aneh. Hahaha (笑)


私の国の習慣

  インドネシアの習慣やエチケットはインドネシアの様々な民族や宗教からきたと言われています。インドネシア民族というと、例えば、ジャワ民族、バリ民族、 マカサル民族などがあります。私の両親はジャワ民族です。ジャワの民族と言うのは東ジャワや中部ジャワから来た人たちの民族です。両親は小さい頃からジャ ワの習慣を始め、様々なインドネシアの習慣とエチケットを教えてくれました。以下はインドネシアの習慣やジャワ民族の習慣やエチケットの例です。

カンボジャ (Plumeria)

  • 左手は不浄の手とされていますので、食べるときや物をあげたり、もらったりするときは必ず右手を使用すること。
  • インドネシアはイスラム教徒が一番多い国です。そのためにお酒と豚肉が禁止されています。
  • 頭は人間の一番大事なものだと思われているので、子供の頭でもなでることはタブーとされています。
  • 病人にカンボジャ(Plumeria)の花をプレゼントしてはいけません。インドネシアの文化ではカンボジャの花は墓地や幽霊に関連付けられているからです。
  • 日本の習慣と同じ、女性はあぐらをかいて、座っていけません。しかし、マカサルの民族に女性はあぐらをかいて、座ってもいいです。
  • 生理中の場合、女性はモスクとお寺に入ってはいけません。イスラム教とヒンズー教によると月経は不浄条件とされています。
 日本とインドネシアの習慣やエチケットを勉強することによって様々なことを学ぶことができると思いますので、これからも勉強したいと思います。


Terjemahan 'bebas' bahasa Indonesia:

Kebiasaan di Negara Saya (Indonesia)


Etika dan kebiasaan di Indonesia berasal dari berbagai nilai-nilai agama dan suku bangsa yang ada. Berbagai suku bangsa di Indonesia, misalnya suku Jawa, Bali, Makasar dan lain-lain. Orangtua saya berasal dari suku Jawa. Yang disebut dengan suku Jawa adalah orang-orang yang berasal dari Jawa bagian Timur dan Tengah. Orangtua saya semenjak saya kecil telah memperkenalkan dan mengajarkan kebiasaan suku Jawa dan juga berbagai etika dan kebiasaan yang ada di Indonesia. 
    Berikut di bawah ini kebiasaan dan etika di Indonesia, serta yang berlaku pada suku Jawa.
  • Tangan kiri dianggap kotor atau najis. Oleh karena itu, saat makan, memberi dan menerima barang menggunakan tangan kanan adalah suatu keharusan.
  • Indonesia adalah negara dengan populasi/penganut agama Islam terbesar di dunia. Karenanya minumal berakohol dan daging babi dilarang.
  • Kepala adalah bagian yang dianggap terpenting bagi manusia, oleh karenanya memegang kepala anak kecil pun dapat dianggap tabu.
  • Tidak diperbolehkan memberikan karangan bunga kamboja (Plumeria) saat berkunjung ke rumah sakit. Dalam budaya di Indonesia, bunga kamboja dianggap berkaitan dengan kuburan dan hantu (mistik).
  •  Sama seperti kebiasaan di Jepang, wanita tidak boleh duduk dengan bersila. Tetapi pada suku Makasar, wanita diperbolehkan duduk dengan bersila.
  • Wanita yang sedang menstruasi dilarang memasuki masjid dan pura. Menurut agama Islam dan Hindu, menstruasi adalah kondisi yang tidak suci.
    Menurut saya dengan mempelajari kebiasaan dan etika yang ada di Jepang dan Indonesia  saya bisa belajar banyak hal. Oleh karena itu, mulai dari sekarang pun saya ingin (lebih) mempelajarinya. 

4 komentar:

  1. In bahasa aja please, aku gag mudeng..

    BalasHapus
  2. Wew, thanks commentnya -d- :) Ok, nanti ditambah terjemahannya ya ...

    BalasHapus
  3. bikinin sakubun tentang cita cita

    BalasHapus
  4. bikinin sakubun ttg kotoba wo manabu tanoshimi

    BalasHapus