Sabtu, 13 Agustus 2011

HEATSTROKE!!!

Masih tentang panas, sepertinya topik ini tidak akan habis dibahas setiap kali bertemu orang di sini. Jadi, membicarakan cuaca bukan lagi sekadar basa basi, tapi merupakan sesuatu yang sangat serius. Hari Kamis (11/8), rata-rata suhu udara di lebih dari 94 lokasi berkisar 35°C dan yang terpanas adalah di Tatebayashi, prefektur Gunma mencapai 38.5°C. Di seluruh Jepang tercatat 4 orang meninggal dunia dan 900 orang dilarikan ke rumah sakit karena serangan panas atau heatstroke

Stasiun Harajuku


Jalan di depan stasiun Ikebukuro
    Serangan panas atau heatstroke dalam bahasa Jepang disebut necchuushou (熱中症). Berikut informasi mengenai heatstroke yang saya sarikan dari berbagai sumber. Penyebab serangan ini, salah satunya adalah naiknya suhu lingkungan yang menyebabkan suhu tubuh melebih 40°C. Biasanya ditandai dengan keringat berlebihan, kelelahan, haus dan kram otot. Jika tidak segera ditangani kondisi seperti ini dapat dengan segera memburuk, yaitu sakit kepala, pusing, mual, kulit dingin dan kram otot. Kondisi yang memburuk inilah yang kemudian disebut heatstroke.
    Bila terjadi heatstroke yang perlu dilakukan adalah mendinginkan suhu tubuh, seperti berteduh, minum air atau minuman berelektrolit dan kompres badan dengan air dingin. Bila keadaan masih belum berubah, disarankan untuk segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang lebih maksimal. Nah, untuk mencegah terjadinya heatstroke yang harus dilakukan adalah minum air yang cukup, sedapat mungkin berada di tempat yang teduh, hindari beraktivitas berlebihan dan kurangi minum minuman yang dapat memicu terjadinya dehidrasi, seperti teh, kopi dan alkohol.
    Di Jepang sekarang ini sering sekali saat berjumpa menyapa dengan seruan, Oatsu gozaimasu (お暑うございます) yang arti harfiahnya (sekarang) panas ya. Hufff @.@ (Menulis tentang ini saya jadi minum terus, ampun deh!)

Jalan menuju Yoyogi Park dan Meiji Jingu



http://news.tbs.co.jp/20110811/newseye/tbs_newseye4799210.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar