Senin, 12 September 2011

Kuliah Lagi ...

Hari ini (Senin, 12/9) adalah hari pertama kuliah, setelah libur musim panas lalu yang paaannnjjjaaannngggg. Ya, bagi saya terlalu panjang karena saat liburan selama 1 bulan 10 hari saya benar-benar libur artinya seluruh aktivitasnya hanya sekitar bermain dan bermain, tidak ada yang lain. Belajar? Ya hanya sekadarnya ... membaca buku itu pun kalau ilmunya langsung masuk ke otak. Apakah saya mengerti atau tidak yang penting baca. Hahaha ... kata orang Jepang, "Wakaru ka wakaranai ka, tada yomu dake" 分かるかどうか分からない、ただ読むだけ。Ditambah suasana udara yang panaassnya melebihi hawa panas di Jakarta, apalagi saat musim panas hari siang hari bertambah panjang yang semakin membuat saya malas belajar. 【T__T】Hmm, jangan dicontoh ya.
    Agak iri juga dengan teman yang statusnya sama seperti saya, tapi dia belajar di Waseda University, di sana libur musim panas hanya 1 minggu, sisanya masuk sekolah seperti biasa. Bayar mahal-mahal ternyata banyak liburnya, hmm, ... mungkin maksudnya biar orang yang seperti saya ini ikut membantu perekonomian Jepang dengan jalan-jalan menghabiskan uang melancong ke segala penjuru. Sebenarnya bisa-bisa saja liburan digunakan untuk belajar, buktinya banyak teman-teman saya yang kelas kemampuan bahasa Jepangnya naik. Angkat topi untuk mereka yang berhasil naik ke kelas yang baru, hebat punya niat yang kuat dan bisa giat belajar di saat-saat yang membuaikan untuk bersantai.
    Hari ini bangun pagi, langsung buat kopi -persiapan kalau-kalau saya mengantuk di kelas. Langsung minum sekitar dua gelas. Memang langsung ces pleng alias bisa melek seharian sampai sekarang, sama sekali tidak mengantuk padahal saya baru tidur sekitar jam 2.15 pagi. Benar-benar deh. Sebelum berangkat sekolah, seperti aktivitas sebelum liburan sekolah, saya buat bekal makan siang kali ini menunya nasi putih, mie goreng, sosis dan gorengan seperti lumpia. Sekitar 20 menit selesai. Setelah mandi dan berpakaian, langsung berangkat ... memang pada dasarnya masih terbawa rasa liburannya, ternyata tas belum diisi tempat pinsil, buku, atau kamus. Isi tas masih kamera, payung, dan bachi taiko. Hahaha ... Benar-benar belum siap.
     Setelah berjalan hampir 20 menit, akhirnya sampai juga di kampus tercinta jam 9 kurang 5 menit. Di pintu gerbang yang antik langsung disapa satpam, "Ohayou gozaimasu" おはようございます。Selamat pagi. Saya langsung menuju papan pengumuman, rupanya kelas bahasa Jepang saya tidak berubah, yang berubah malah kelas bahasa Inggris (pindah ke kelas yang lebih tinggi, hahaha ... ). Koq, malah bahasa Inggris yang lebih OK? Niat hati belajar benar-benar bahasa Jepang, justru yang meningkat malah bahasa Inggris, apalagi di papan pengumumannya ada 10 nama dengan nilai tes bahasa Inggris tertinggi. Hahaha ... dari sekitar 67 siswa (satu kampus) nama saya paling atas untuk ujian kemampuan bahasa Inggrisnya. Hahaha .. うそだ。信じられない。Apalagi saya dari kelas bahasa Inggris yang dianggap kemampuannya hanya level menengah, di bawah saya ada nama-nama dari kelas yang lebih tinggi. I think there's something wrong with my answer sheet. (^■^)
    Di kelas langsung bertemu teman-teman yang lama tidak berjumpa, hahaha .. sebenarnya hari Kamis (8/9) yang lalu sempat berjumpa waktu ujian penempatan kelas yang baru, tapi tidak sempat bicara banyak hanya say hallo -tidak seseru hari ini, penuh tawa. Ada juga teman-teman dari kelas C -kalau yang ini mereka rajin belajar, makanya naik kelas yang lebih tinggi. Ada sekitar tiga orang dan mereka semua laki-laki. Kalau dulu di kelas saya terdapat 17 orang, sekarang terdapat 13 orang dan terdiri atas 4 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Lucunya, teman-teman yang saya anggap bisa ke kelas yang lebih tinggi, rupanya masih belajar bersama saya, rasanya antara sedih dan senang karena sepertinya mereka lebih serius belajar daripada saya.
    Pelajaran pertama langsung buka buku yang lebih dari satu bulan tidak saya baca sama sekali. Hahaha, lantas saya baca apa selama liburan, selama liburan saya lebih suka baca buku yang saya beli di toko buku di Hanzomon. Karena masih merasa liburan, belum sepenuhnya otak saya mampu mencerna penjelasan dosen, masih harus mengaduk-aduk memori 1,5 bulan yang lalu. Ampun deh. Ternyata perasaan ini bukan hanya saya saja, teman-teman yang lain juga, bahkan dosennya pun mengaku merasakan hal yang sama.Oalah ...
    Oh ya, setelah makan siang, Takumi Sensei (wali kelas D yang tercinta, yang kalau bicara cepat sekali seperti kereta) tiba-tiba masuk ke kelas, ... ternyata urusan tempat duduk. Sempat ribut-ribut juga. Biasalah posisi menentukan prestasi. Sebenarnya saya tidak masalah mau duduk di mana pun yang terpenting bisa belajar, tapi berhubung ada yang memaksakan kehendak jadi terpaksa dicari solusi yang dianggap fair. Hahaha ... caranya? Hmm, agak sulit juga dijelaskan dalam kata-kata, tapi pada akhirnya semua merasakan keadilan. Thanks God. 
    Karena saya tidak pindah kelas, jadi dosen yang mengajar pun masih dosen yang sama, ada untungnya juga ya. Tidak perlu bersusah payah beradaptasi dengan gaya mengajar dosen yang baru. Paling-paling besok, pelajaran bahasa Inggris. Oh no, harus beli buku baru (´・_・`).
    Hari pertama ini langsung terima pekerjaan rumah menulis Kanji dan membuat karangan bahasa Jepang 400 huruf - kalau karangan ditulis dengan Hiragana semua, ya pastinya bisa cepat selesai hahaha ... masalahnya kalau tulisannya Hiragana semua pasti dianggap malas belajar Kanji karena satu huruf Kanji bisa terdiri atas dua atau tiga huruf Hiragana. 
    Nah, kesimpulannya hari ini senang bisa sekolah lagi, paling tidak ada kesibukan lain selain update facebook, jalan-jalan keliling kota, foto-foto, latihan taiko, atau nonton film Jepang di laptop tercinta. Semoga kali ini bisa belajar lebih serius dan mendapatkan ilmu yang selamanya akan bermanfaat. Amin.
    OK, selamat beraktivitas lagi. Terima kasih sudah membaca blog saya, semoga ada manfaatnya. (0^ー^0)


    

  



    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar